Share This

2. Tidak Ada Jenis Olahraga Kardio yang Menyegarkan Selain Berenang

Via : Gq

Sebagian besar masyarakat sangat mengenal olahraga yang satu ini. Berenang adalah salah satu jenis olahraga kardio yang populer di Indonesia. Selain berolahraga, berenang juga bisa dilakukan untuk berwisata bersama keluarga. Terdapat berbagai macam teknik dalam berenang seperti berenang gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kodok. Menurut penelitian berenang selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 200-250 kalori tergantung dengan intensitas berenang dan berat badan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan pada saat kita berenang, selain mencegah penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes dan jantung, berenang juga dapat menghilangkan stress dan melatih otot tubuh. Namun, perlu diingat bahwa berenang memerlukan teknik yang tepat dan persiapan yang matang. Jadi sebelum melakukannya, pastikan mengetahui teknik berenang yang benar dan mengenakan peralatan-peralatan pengaman seperti memakan kacamata berenang, memakai pakaian yang sesuai dan melakukan pemanasan.

3. Bersepeda di Akhir Pekan Bersama Keluarga Merupakan Pilihan Tepat

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang sedang berkembang pesat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari munculnya beberapa program yang telah diluncurkan oleh pemerintah seperti pemerintah kota surabaya mengadakan program mewajibkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk bersepeda ke kantor setiap hari jumat dan beberapa waktu ini pemerintah Jakarta meluncurkan program Jakarta ramah bersepeda. Banyak manfaat yang bisa diambil saat bersepeda. Hampir sama manfaatnya seperti olahraga kardio lainnya seperti mencegah penyakit stroke, diabetes dan jantung. Tetapi bersepeda juga bisa menjadi cara untuk mengendalikan berat badan karena bersepeda dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak dan membangun otot-otot dalam tubuh. Kalori yang dibakar pada saat kita bersepeda seperti yang dilansir oleh hasil penelitian dari The Compendium of Physical Activities Tracking Guide yang dilansir dari laman Kompas.com, bila dilakukan dengan kecepatan kurang dari 16 KM/Jam akan membakar 272 kalori per jam. Sedangkan bila lebih dari kecepatan 16-30 KM/Jam, bisa membakar kalori 408-1088 kalori per jamnya.

4. Lompat Tali Merupakan Jenis Olahraga Kardio Paling Praktis

Via : sportingz

Olahraga yang satu ini sangat sederhana untuk dilakukan dan merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan dirumah dengan mudah. Selain itu lompat tali dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut dikarenakan untuk melakukan olahraga ini alat yang digunakan hanyalah Jump Rope. Hasil penelitian menyebutkan dengan lompat tali selama 10 menit dapat membakar kalori setara dengan Jogging selama 30 menit sehingga sangat baik untuk orang yang sedang dalam program penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan. Manfaat yang didapat saat lompat tali tidak kalah banyak dengan jenis olahraga kadio lainnya seperti untuk pembentukan otot lengan, bahu, kaki dan dapat meningkatkan level kardiovaskular.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *