Satvibe

Gaya Hidup Boba Yang Menurut Kita Gak Semanis Itu.

Share This

Awal Mula Boba

Kalian tau gak kalo ada salah satu brand boba yang konon katanya orang perlu antri sampe 2 jam buat dapetinnya? Luar biasa ya minuman yang satu ini.

sumber : antrian boba

Buat yang belum tau, walau mustahil sih, kita kasih tau dulu. Boba itu isian dari minuman bubble tea yang dibikin dari tepung tapioka. Teksturnya kenyal-kenyal lucu gitu, kalo soal rasa sih tergantung brand masing-masing, ada yang hambar dan ada juga yang manis. Kita breakdown lagi, kalo boba yang manis biasanya direndam dulu di gula aren atau madu.

Nah sekarang kita move on ke Bubble tea. Biasanya, bubble tea itu dibuat dari campuran teh sama susu terus dikasih boba. Awalnya sih bubble tea ini cuma pake campuran teh hitam aja, tapi sekarang modelnya udah beragam. Pokoknya kalo kalian lagi jalan-jalan ke mall terus liat ada orang bawa minuman yang isinya banyak bulet-bulet warna hitam, bisa dipastikan itu adalah boba.

CNN bilang kalau boba ini udah ada dari tahun 1980an di kota Taichung, Taiwan. Jadi ada salah satu toko teh yang iseng-iseng eksperimen dan nemuin menu ini, nama pemilik tokonya Liu Han Chien. Di negara asalnya minuman ini gak jauh beda sama cendol sih, minuman yang rakyat murah yang ada dimana-mana. Kenapa bisa ngetren banget? Soalnya banyak imigran Taiwan di Amerika yang jualan juga disana dan bikin minuman ini ngetren juga di negara Om Sam.

Gak cuman ada di minuman, sekarang juga udah banyak variasi dari bola-bola tapioka ini. Ada yang bikin roti bakar , pancake sampe yang mie instan dikasih boba juga ada.

Jadi harusnya kalo kalian udah baca sampe sini kalian udah tau apa bedanya boba & bubble tea. Boba itu bagian dari minuman bubble tea.

Gaya Hidup Boba Yang Bikin Dompet Merana

Hidup di kota besar emang enak ya, mau beli apa aja tinggal buka aplikasi tinggal duduk manis sambil nungguin barang yang kita pesen nyampe. Salah satu minuman yang lagi ngehitz banget yaa. Selain enak, udah banyak brand minuman ini di mall-mall atau di kaki lima.

Etapiii, pernah gak sih kalian iseng-iseng ngitung kalo gaya hidup ini bikin kalian boros? Coba kita hitung-hitungan, yang simpel aja deh kita tau kok kalian cape.

Rata-rata harga 1 gelas boba 30.000
Asumsinya, kalian beli boba setiap dua hari sekali dalam seminggu
Jadi itungannya dalam sebulan:
30.000 x 15 = 450.000
Lumayan banget kan?

Kalo kalian roker (rombongan kereta), uang segitu udah lebih dari cukup buat ongkos pergi pulang buat satu bulan.

Lumayan banget ya uang yang bisa dihemat dari segelas minuman ini? Itu baru minumnya aja, belum cemilan-cemilan lucu lainnya yang harganya lumayan juga kalo ditotalin perbulan. Kalian bisa aja tabungin uangnya buat keperluan lain kaya nonton konser misalnya. Saran kita sih mendingan kalian ganti sama minuman yang lebih murah, kan masih banyak tuh atau biar hemat maksimal mending bawa air minum sendiri kemana-mana deh daripada jajan minuman terus!

Gula-Gula Dalam Boba

sumber : kandungan gula dalam boba

Etapiii lagi, gak cuma bikin boros, kalau kebanyakan juga bikin kalian gak sehat! Menurut Hellosehat penyakit-penyakit serem kaya sakit jantung, asam urat sama diabetes jadi resiko terbesar kalo kebanyakan minum (atau makan ya?) . Selain dari itu, The Daily Meal juga bilang kalo minuman iniisinya cuma kalori sama karbohidrat dan sama sekali ga ada nutrisinya.

Menurut rekomendasi WHO untuk orang dewasa 1 hari hanya 6 sendok teh gula biar ga berlebihan, tapi kalo dilihat dari gambar diatas, kandungan gula dalam boba itu hampir 19 sendok teh. WOW. Belum lagi kalo kita nyemil-nyemil makanan manis yang lain wah gak kebayang deh tuh berapa banyak gula yang masuk ke badan kita. Mending minum air putih aja deh ya selain murah, lebih sehat juga. Atau ya minum jus gitu yang emang jelas sehat!

Nah jadi boleh-boleh aja sih kita minum ini, tapi yaaa jangan kebanyakan juga karena sesuatu yang kebanyakan pasti gak baik juga kan? Itung-itu selain bisa investasi dana, ngurangin beli boba juga bisa jadi sebagai investasi buat kesehatan kita juga.

Exit mobile version